SEMUA TENTANG WANITA

Bukan khusus wanita, tapi khusus tentang wanita, yang merasa lelaki BOLEH masuk kok

Bagaimana facebookan yang aman bagi remaja?

Posted by Mariska Ayu pada 30 September 2010


Bagaimana facebookan yang aman bagi remaja? Kemajuan informasi dan teknologi di dunia maya nampaknya memberi pengaruh besar bagi anak-anak dan remaja. Tiliklah situs jejaring sosial  semacam facebook yang bermunculan di jagad maya malah makin menguak kasus kriminal cyber yang terus meningkat di sepanjang tahun 2010 ini.

Facebook dan MySpace atau situs jejaring soial lainnya sanggup menyihir para remaja dan anak-anak untuk sudi mampir dan menjelajah ke dalam dunia pertemanan itu hingga tak disadari bahaya mengancam. Kejahatan seksual salah satunya, adalah contoh kasus kriminal cyber yang marak saat ini.

Lalu, bagaimana Anda sebagai orangtua bijak menyikapi ancaman ini? Berikut beberapa tips sederhana yang bisa diterapkan pada putra-putri Anda tanpa perlu bersikap membatasi ‘kesenangan’ mereka pada Facebook.

1. Pakailah nama samaran (nick name). Hal ini untuk menghindari para pencuri identitas yang mengawasi akun facebook putra-putri Anda.

2. Palsukan tanggal lahir. Mintalah putra-putri Anda untuk tidak memposting tanggal lahirnya secara lengkap di situs jejaring. Minta mereka mencantumkan tanggal dan bulan lahir saja. Jika perlu, minta mereka memalsukan informasi tanggal lahir.

3. Pasang profile foto dengan avatar. Para pelaku kejahatan seksual kerap mengincar calon korbannya dengan hanya melihat wajah pada profile foto yang terpasang di situs jejaring. Hindari juga foto-foto dengan seragam kerja atau sekolah, karena secara tidak langsung hal ini akan memberikan informasi para pelaku kejahatan di dunia maya.

4. Tanyakan pada putra-putri Anda, nyamankah membagikan alamat rumahnya kepada teman-temannya secara acak di facebook? Jadi, lebih baik sarankan pada mereka untuk tidak mencamtumkan alamat rumah secara lengkap di Facebook.

5. Bukan ide yang baik untuk memberikan nomor telepon pribadi secara online. Buatlah aturan ini seketat mungkin, dan jika ketahuan melanggar, biarkan putra-putri Anda tahu bahwa ponsel dan hak istimewa mereka berupa internet akan dicabut selamanya.

15 Tanggapan to “Bagaimana facebookan yang aman bagi remaja?”

  1. TKB said

    Iyo ka, memang kudu ngati-ati, neng internet ki ora okeh wong apik, akeh-akehe wong SMS.

  2. Ngom-ngom fesbukmu endi ka?

  3. Nek nurut aku ngene ka:
    Siji : Photone ora popo sing asli karo jenenge, ning alamat, tanggal lahir ojo nganti asli, apa meneh ngeki nomer hape barang, kecuwali nek kowe kenal. Soale nek ana kancamu nggoleki pasti sing digoleki jenengmu dhisik, trus lagi nggenahke apa bener potone.

  4. GG said

    Sip ka, memang kudu ngunu😆

  5. budies said

    saya kok malah suka menganjurkan memasang profil apa adanya… berarti perlu diperhatikan ini

  6. julicavero said

    untuk mencari aman agak susah sih skr ini…banyak remaja yg keknya dah betah dengan kondisi mereka chat medianya fblah,,,wah,,makin kacau

  7. Wah, bisa dicoba neh

  8. This is the wonderful thing i spend long time to find

    it.

  9. bayuputra said

    halow masriska … pie kabare …
    wah kalau bagi saya pisbukan hanya untuk bertemu kawan2 lama alias zaman SMA dan zaman kuliah dulu .. selain itu yang mau berteman yang tidak saya kenal tidak saya terima .. heeee.

  10. aqmal14 said

    NIce post . . sipp . .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: